Selasa, 16 Maret 2010

OKAPPS??

Oleh: Mardiks Ludwik S.

OSPEK atau lebih dikenal, khususnya di UNMER (Universitas Merdeka) dengan isitilah OKAPPS adalah program yang bertujuan mengenalkan kampus, dan diharapkan dapat membuka ruang pikir mahasiswa baru tentang apa yang harus dipersiapkan, dan apa yang harus dikerjakan. Tetapi seiring waktu, esensi dari program tersebut mulai bergeser. Kita ambil contoh kegiatan mencari benda-benda aneh, ataupun makanan yang diistilahkan dengan nama yang aneh-aneh. Aneh, sebab terkadang apa yang dikerjakan jauh dari makna akademis. Nilai apa yang mau ditanamkan kepada mahasiswa? Apakah hanya untuk seru-seruan atau sebagai topeng untuk membalas dendam? Renungkanlah.

Lebih parah lagi, kini OKAPPS cenderung dalam pelaksanaannya ditunggangi oleh kepentingan-kepentingan pihak tertentu, seperti kasus yang menghiasi OKAPPS di UNMER beberapa hari yang lalu.

Harus diakui, setidaknya ini mengindikasikan telah terjadi degradasi yang mengkhawatirkan, khususnya makna dari OKAPPS. Mau kemana arah bangsa ini jika yang menjadi tulang punggung Bangsa dan Negara berada dalam kondisi demikian?

Program OKAPPS harus ditinjau kembali, dan kedepan harus diisi dengan kegiatan penanaman nilai-nila yang diperlukan oleh mahasiswa. OKAPPS harus kembali kepada esensinya agar program ini bukan semata sebagai tradisi atau rutinitas tanpa makna. Melainkan melalui OKAPPS mahasiswa baru dimengertikan mengenai apa yang harus menjadi bagiannya, apa yang menjadi panggilan hidup serta apa yang menjadi tujuan hidupnya. Semoga!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar