Selasa, 16 Maret 2010

Editorial Buletin KDAKI Edisi I: Quo Vadis OKAPPS, Mahasiswa, & Pemuda?

OKAPPS lagi..OKAPPS lagi, demikian kondisi umum yang tampak dari serangkaian agenda akademis bagi PT (Perguruan Tinggi) dalam menyambut MABA (Mahasiswa Baru)-nya. Beragam bentuk aksi-aksi menggelikan telah menghiasi agenda OKAPPS (Orientasi Kegiatan Akademik dan Pengenalan Program Studi). Ada yang mengundang tawa, tetapi ada juga yang menimbulkan kericuhan dalam pelaksanaannya, tapi itulah dinamika OKAPPS.

Serangkain kegiatan OKAPPS yang dirancang, diharapkan mampu menginspirasi MABA untuk mengenal, beradaptasi, dan memiliki orientasi masa depan dalam bidang keilmuannya. Dan akhirnya MABA tercerahkan mengenai siapa dan bagaimana harus berjalan dalam identitas sebagai seorang MAHASISWA. Namun, disayangkan tujuan baik itu, acap kali dalam teknisnya banyak mengalami pembiasan. Banyak hal ditenggarai sebagai penyebab, tetapi biarlah pencarian “kambing hitam” tidak menjadi bagian dari kita dalam menghadapi situasi ini.

Sebagai calon pemimpin, kita diharapkan mampu berpartisipasi solusi dalam memandang persolan-persoalan dalam OKAPPS. Memikirkan bagaimana seharusnya OKAPPS kedepan, dan berpikir keras untuk membenahi yang salah, tanpa menghakimi mereka yang telah “kilaf”, namun berpartisipasi dalam pelaksanaan OKAPPS. Sikap itulah yang terpenting. Sebab, tentu melaksanakan agenda OKAPPS tanpa kekurangan bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa! Membutuhkan kerjasama dan sikap rendah hati yang cukup agar tujuan itu bisa didekati.

Oleh sebab itu, sebagai bentuk tanggung jawab moral, dan sebagai bagian dari civitas akademika, kami dari KDAKI (Kelompok Diskusi Artikel Kristen Indonesia) dengan segala kelemahan, meminta ijin kepada pembaca untuk berbagi solusi dan masukan bagi gagasan pembenahan. Mudah-mudahan setiap untaian kata dalam setiap sudut tulisan memberi pencerahan, dan masukan yang cukup bagi kita semua dalam memandang perbaikan pelaksanaan OKAPPS kedepan. Disamping ada beberapa tulisan lain sebagai sarana kritis terhadap gagasan-gagasan.

Setiap bagian tidak diharapkan menyudutkan pihak tertentu, tetapi uraian hanya dimaksudkan sebagai validitas data dan analisa agar mencapai sebuah gagasan yang obyektif.

Akhir kata, besar harapan kami (dibaca; KDAKI) setiap masukan dengan tema Quo Vadis (Latin; Mau Kemana?) OKAPPS, Mahasiswa, dan Pemuda ini bermanfaat dan mencerahkan kita semua. Soli Deo Gloria
Oleh: R. Graal Taliawo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar